HEC-RAS Lanjut: GeoRAS

Didorong oleh pertanyaan pengunjung situs ini tentang panduan pemakaian HEC-GeoRAS dalam Bahasa Indonesia, maka saya tayangkan naskah modul pelatihan pemakaian HEC-GeoRAS yang saya pakai untuk pelatihan (bimbingan teknis) bagi mahasiswa MTPBA yang diselenggarakan tahun lalu, November 2015.

Naskah ini belum selesai saya tulis karena kesibukan saya waktu itu. Bagian simulasi aliran dengan HEC-RAS hanya berisi gambar-gambar. Saat itu, saya memberikan paparan di kelas dan mahasiswa langsung praktik. Bagi pengguna HEC-RAS yang telah membaca HEC-RAS Modul Dasar: Simple Geometry River, langkah simulasi aliran dengan HEC-RAS ini pastilah tidak sulit. Modul dapat diunduh dengan mengklik tautan di bawah ini:

HEC-RAS Lanjut: GeoRAS
BaxterGIS

This entry was posted in Berita-News, HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to HEC-RAS Lanjut: GeoRAS

  1. Yusuf Ofananta says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak Istiarto
    Perkenalkan nama saya Yusuf Ofananta mahasiswa Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia. Saya sekarang dalam proses mengerjakan tugas akhir saya dengan topik penelusuran banjir akibat keruntuhan bendungan yang disimulasikan dengan aplikasi HEC-RAS. Bendungan yang saya tinjau adalah Bendungan Sangiran, Ngawi. Sebelumnya saya sangat berterimakasih kepada Pak Istiarto, modul pelatihan Hec-Ras dan Hec-Georas sangat membantu saya dalam berlatih bagaimana menggunakannya dengan benar, semoga dapat menjadi amal jariyah Pak Istiarto kelak. Aamiin.
    Bila Pak Istiarto ada waktu saya disini ingin menanyakan perihal data geometri sungai untuk dimodelkan dalam hec-ras. Saya sudah membaca tugas akhir bimbingan Pak Istiarto yang berjudul “Penelusuran Banjir Akibat Keruntuhan Bendungan Kadumalik Jawa Barat” oleh HADID WIDIANTORO. Data sungai yang dipakai dalam tugas akhir ini didapatkan dari data DEM https://gdex.cr.usgs.gov/gdex/
    Apakah data DEM tersebut dapat dipakai pula untuk mendapatkan geometri sungai Bendungan Sangiran yang saya tinjau pak ? dan apabila tidak, sungai yang bagaimana yang dapat dibuat geometrinya menggunakan data DEM tersebut ?
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      Perlu ditambah dengan data tampang lintang sungai, yang biasanya merupakan hasil pengukuran terestris. Peta DEM seperti itu tidak memiliki resolusi yang mencukupi untuk mendapatkan tampang lintang sungai. Sebenernya, untuk memodelkan kawasan genangan pun tidak mencukupi, tetapi untuk sebuah TA jenjang S1, boleh.

      Wassalamu’alaikum ww

      • Yusuf Ofananta says:

        Apakah penambahan atau perubahan/koreksi geometri sungai saat edit cross section pada HEC RAS yang signifikan dapat mempengaruhi saat mengimpor hasil simulasi ke GIS untuk mendapatkan peta genangan banjir Pak ?

        • Istiarto Istiarto says:

          Ya, itu akan berpengaruh karena beberapa definisi spasial yang sebelumnya telah disimpan di aplikasi gis telah berbeda dengan geometri baru dari hec-ras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.