Kursus HEC-RAS

Jadwal Kursus

Kursus atau pelatihan pemakaian HEC-RAS diselenggarakan di Laboratorium Komputasi DTSL FT UGM. Informasi mengenai jadwal dan biaya kursus dapat diperoleh melalui email kepada dwi@tsipil.ugm.ac.id atau dwi.haryati.jtsl@ugm.ac.id.

Pengantar

HEC-RAS telah semakin banyak dipakai untuk membantu mensimulasikan aliran di sungai atau saluran. HEC-RAS memiliki sejumlah alasan untuk menjelaskan kepopulerannya. Kemuadahan pemakaian, robustness, dan tidak kalah penting adalah bahwa HEC-RAS dapat diperoleh dengan mudah dan gratis (http://www.hec.usace.army.mil/software/hec-ras/hecras-download.html).

HEC-RAS merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran satu dimensi di sungai atau saluran, River Analysis System (RAS), dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), di bawah US Army Corps of Engineers (USACE).

Fitur HEC-RAS terdiri dari empat komponen hitungan hidraulika satu dimensi, yaitu 1) hitungan profil muka air aliran permanen, 2) simulasi aliran tak permanen, 3) hitungan transpor sedimen (mobile bed, moveable boundary), dan 4) analisis kualitas air.

Di DTSL FT UGM, HEC-RAS merupakan bagian materi mata kuliah Hidraulika Terapan yang diajarkan kepada mahasiswa program sarjana (S1) pada Semester VII sebagai mata kuliah pilihan. DTSL FT UGM menyelenggarakan pelatihan pemakaian HEC-RAS, yang biasanya diikuti oleh para mahasiswa program pascasarjana (S2). Peserta dari luar kampus dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan di kampus. Materi pelatihan yang diselenggarakan di kampus umumnya dikemas dalam 14 s.d. 16 jam tatap muka di kelas.

Pada beberapa kesempatan, saya diundang untuk memberikan pelatihan pemakaian HEC-RAS oleh suatu instansi pemerintah atau swasta. Materi pelatihan umumnya disesuaikan dengan kebutuhan pengundang. Salah satu contoh adalah pelatihan yang diselenggarakan di BBWS Serayu-Opak, 19-20 Juli 2011 (klik di sini).

Jadwal Tipikal

Penyesuaian jadwal, khususnya pengaturan jam pelajaran setiap materi bahasan sering kali perlu dilakukan dengan mempertimbangkan kecepatan peserta dalam mengikuti bahasan materi dan mengerjakan simulasi aliran yang diminta dalam modul pelatihan.

No Materi JP
1 Pendahuluan
a. Pengantar model hidraulik (simulasi aliran)
b. Pengenalan HEC-RAS
c. Pengaturan awal HEC-RAS
2
2 Simulasi aliran pada saluran sederhana (simple geometry river)
a. Simulasi aliran permanen
b. Syarat batas pada simulasi aliran permanen
c. Simulasi aliran tak permanen
3 s.d. 4
3 Simulasi aliran pada tata saluran (river network)
a. Junction: pertemuan sungai
b. Junction: percabangan sungai
3 s.d. 4
4 Simulasi aliran melalui struktur melintang sungai
a. Jembatan
b. Gorong-gorong
c. Bendung tetap
d. Bendung gerak
6 s.d. 8

JP : Jam Pelajaran

Modul

Naskah modul pelatihan pemakaian HEC-RAS sebagai pegangan peserta dalam mengikuti pelatihan dapat diunduh di bawah ini. Pada awalnya, untuk mengunduh diperlukan password yang diberikan kepada peserta pelatihan sebelum atau pada saat pelatihan. Namun, dilandasi keinginan untuk berbagi pengetahuan saya tentang pemakaian HEC-RAS, password tidak diperlukan lagi untuk mengunduh modul dasar.

Modul Pelatihan Pemakaian HEC-RAS

14 Responses to Kursus HEC-RAS

  1. kresno n soetomo says:

    Pak Is, tolong saya diberitahu cara menggunakan atau input data dalam modul sedimentasi yakni Load Specification:
    Data flow m3/second, dalam contoh Number of flow load point ada 5, kenapa 5?
    kemudian data itu terisikan 1 10 30 100 300, darimanakah sumbernya?

    Total Load (ton/ day) terisikan 0.05 1.2 3.6 20 500, darimanakah sumbernya?

    idem dengan FS 0.02 0.08 0.09 0.1 0.1, darimanakah sumbernya? apakah ada korelasi dengan data diatasnya?

    Pak Is, maaf jika terganggu atas pertanyaan2 diatas dan terima kasih atas informasi yang bapak berikan.

    salam.
    kresno n soetomo.
    0856.6520086.

  2. Yeniche says:

    Pak, mohon info jadwal training Hec Ras di tahun 2012 ini. trims

  3. Sismanto says:

    Salam sejahtera pak IS,
    Saya Mahasiswa S2 Manajemen Teknik ITS, Saya sdah sering menggunakan HEC_RAS tapi hanya yang steady Flow saja. Saya pingin bisa menganalisa pengaruh pemompaan terhadap muka air disaluran dari waktu ke waktu. Bisakah saya diajari untuk materi tersebut ?. Kalau harus kursus di Jogja, saya belum bisa. Bisakah saya dikirimi modul terkait modul tersebut, jika ada biaya ( mohon maaf ), berapa biayanya ?.
    Terima kasih atas perhatiannya
    salam
    sismanto

    • istiarto says:

      Silakan mendownload modul lanjut yang saya susun. Walaupun pada modul tersebut belum ada contoh tentang kasus pemompaan, tetapi saya berharap modul tersebut dapat membantu Anda. Silakan mengontak saya melalui email untuk mendapatkan password.

  4. Sismanto says:

    Salam Pak Is,

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memperoleh Password, dan mendownload modul lanjut. Jika ada persyaratan persyaratan yang harus saya penuhi, semoga bisa saya laksanakan.

    Saya kepingin belajar lebih jauh tentang HEC RAS, terutama untuk analisa pengaruh pompa. saya pernah buka file contoh pada aplikasi HEC-RAS tetapi saya masih bingung.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    Sismanto

  5. suherman asman says:

    Salam Pak Ist…
    saya sebenarnya baru mau belajar hec-ras, sudah lama dengar tentang aplikasi ini malah pernah download tapi tidak pernah dipelajari karena sulit mendapatkan tutoril yang berbahasa indonesia.. mudah-mudahan tidak terlambat untuk belajar demi ketertarikan di bidang teknik persungaian
    mudah-mudahan pak Ist berkenan memberi akses untuk mendownload modul-modulnya.. terimakasih sebelumnya..

    Wassalam
    Suherman

    • Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam

      Mas Suherman Asman, salam kenal kembali.

      Untuk memulai belajar memakai HEC-RAS, silakan unduh modul dasar, HEC-RAS Dasar: Simple Geometry River, dari tautan http://istiarto.staff.ugm.ac.id/index.php/hec-ras/modul-hec-ras/. Modul ini sudah membahas simulasi aliran permanen (steady flow) dan tak permanen (unsteady flow). Modul lanjut membahas kasus-kasus aliran melalui struktur hidraulik (jembatan, gorong-gorong, dsb). Untuk mengunduh modul lanjut, silakan mengirimkan email ke saya atau mengklik tautan ini.

      Wassalamu’alaikum ww

  6. Indrias says:

    Asalamualaikum. Salam kenal Pak Is.
    Saya kagum dengan ketulusan Bapak menshare ilmu yang berguna ini dengan tulus. Semoga Allah memberikan balasan yang berlimpah. Aamiin.

  7. Pramudita Anggit Hananta says:

    Salam Pak
    Apakah program kursus masih berjalan ?
    Terima kasih sebelumnya..

  8. Novi says:

    Pak .. kok blm ada balasan email ya . Dari kemaren saya tunggu info buat kursus ..trmksh

    • Istiarto says:

      Mbak Novi, selamat pagi.
      Saya mencoba mencari comment dan email dari Mbak Novi . Satu email pada 23 April 2017, berisi (saya kutip): “Trimakasih ..”. Maaf, saya memang belum membalas email itu. Ini segera saya balas ya.
      Salam
      Istiarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.