Transpor Sedimen dan Polutan (S2)

Kuliah ‘Transpor Sedimen dan Polutan’ merupakan salah satu mata kuliah pilihan pada Prodi S2 Teknik Sipil DTSL FT UGM, Semester III, 3 sks. Materi kuliah yang ditampilkan di situs ini merupakan sebagian materi Bagian II yang diberikan setelah UTS untuk 4 kali pertemuan tatap muka. Materi pada bagian ini berkisar pada mekanisme transpor, persamaan transpor (konveksi dan difusi) dan penyelesaian analitik persamaan konveksi-difusi.

Bahan/Materi Kuliah

Bahan atau materi kuliah yang ditayangkan di kelas dapat diunduh dengan mengklik tautan di bawah ini. File-file di bawah ini adalah file tayangan PowerPoint yang telah diubah atau disimpan kedalam format pdf.

TS Transpor Polutan (2.9 MB)
TS Transpor Polutan 2014 (8.86 MB)

Contoh Soal-Penyelesaian

Di bawah ini contoh soal ujian dan penyelesaiannya.
TS Soal UAS Transpor Sedimen dan Polutan (0.7 MB)
Program aplikasi untuk membantu pengerjaan soal ujian di atas dapat dibaca dan diunduh di sini.

Soal untuk latihan dapat dibaca di sini.

Contoh soal-penyelesaian transpor polutan dapat diunduh di sini.

6 Responses to Transpor Sedimen dan Polutan (S2)

  1. Herli Fajri says:

    Assalamualaikum pak is..
    saya berencana untuk mengambil tugas akhir tentang analisa laju sedimen transport dengan studi kasus salah satu sungai di prov.Riau dengan menggunakan HEC-RAS 4.1.
    Namun sebagai pemula saya bingung untuk mulai mengoperasikan software HEC-RAS tsb…
    Saya ingin bertanya, langkah apa yang harus mulai saya lakukan untuk memodelkan kasus tugas akhir saya ini di HEC-RAS pak?
    Mohon bantuannya pak..terima kasih.
    Wassalam :))

    • istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb.
      Saya sarankan Anda mengikuti langkah-langkah penggunaan HEC-RAS untuk memodelkan aliran di sungai dari modul dasar saya. Ikuti petunjuk pada modul tersebut hingga Anda lancar membuat model sungai dengan HEC-RAS. Apabila mengalami kesulitan, silakan sampaikan kesulitan atau pertanyaan Anda melalui forum ini, Insya Allah saya dapat membantu.
      Wassalamu’alaikum wr wb.

  2. aris munandar says:

    assalamu’alaikum Pak Is..
    saya sedang mengerjakan tugas akhir dengan judul analisa laju angkutan sedimen untuk perencanaan kantong lumpur pada daerah irigasi bah bolon. apakah hec-ras bisa dipakai untuk menghitung laju angkutan sedimen dan besar volume sedimen yang di bawa oleh sungai atau sedimen yang masuk dalam saluran pembawa melalui intake. dan apa kegunaan hec-ras yang memudahkan saya dalam mengerjakan tugas akhir saya pak..
    terimakasih sebelumnya Pak Is..

    • istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww.

      HEC-RAS dapat saja dipakai untuk memodelkan aliran dan transpor sedimen pada kasus yang sedang Mas Aris Munandar kaji. Namun, saya meragukan HEC-RAS mampu memberikan hasil yang baik. Perlu model berdimensi lebih tinggi; model 2D atau 3D.

      Wassalamu’alaikum ww.

      • aris munandar says:

        Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

        untuk memodelkan aliran dan transpor sedimen, data apa yang dibutuhkan Pak. Apa bisa transpor sedimen dapat di hitung memakai HEC-RAS ? atau menghitungnya memakai persamaan2 bed load dan suspended load.
        mohon ma’af sebelumnya Pak kalo banyak tanya, soalnya saya masih belum paham mengenai HEC-RAS.
        terimakasih Pak Is

        • istiarto says:

          Transpor sedimen membutuhkan semua data yang sama seperti yang dipakai untuk melakukan simulasi aliran, ditambah dengan data gradasi butir sedimen di beberapa lokasi tampang lintang dan debit sedimen di tampang lintang hulu. Sila jenguk contoh simulasi transpor sedimen di sini: http://istiarto.staff.ugm.ac.id/index.php/2011/10/hec-ras-sediment-transport-analysis/.

          Persamaan-persamaan yang dipakai pada transpor sedimen tentu saja adalah persamaan transpor bedload dan suspended load.

          Semoga jawaban saya dapat membantu Mas Aris Munandar.

Comments are closed.