HEC-RAS: Sediment Transport Analysis

Belum lama ini, saya mendapatkan pertanyaan melalui email dari salah satu pembaca website saya, berkenaan dengan sediment transport analysis dalam HEC-RAS. Saya quote email dia di bawah ini.

Message Body:
Pak Is, tolong informasikan cara penggunaan modul Sedimentation sebagaimana contoh dalam paket HEC RAS yakni Euclid Sediment Transportation Example.
Khususnya saat memasukkan parameter butiran:
Flow m3/sec
Total Load ton/day
Number of flow-load ponts
dan korelasi jenis material misal dalam contoh itu:
Flow = 10
Total Load= 1.2
FS= 0.08
MS=0.07
CS=0.06
VFG=0.03
End of Message Body

Modul Sediment Transport Analysis menghitung perubahan dasar sungai sebagai fungsi transpor sedimen. Pertanyaan pembaca yang saya quote di atas berkaitan dengan penetapan syarat batas di hulu (upstream boundary condition). Pada contoh Euclid yang ada dalam HEC-RAS, syarat batas di hulu adalah inflow sedimen (sediment load) yang merupakan fungsi debit aliran masuk (inflow). Jadi, jumlah sedimen yang masuk bergantung pada debit inflow. Ini dikenal pula sebagai sediment rating curve. Jika diklik Rating Curve pada layar editor Sediment Data, maka akan muncul tabel yang menunjukkan 5 pasang angka (Flow, Total Load): (1,0.05) (10,1.2), (30,3.6), (100,20), (300,500). Artinya, debit 1 cfs membawa sedimen 0.05 ton/hari, debit 10 cfs membawa sedimen 1.2 ton/hari, dst. Klik tombol Plot… yang ada di kiri bawah untuk memunculkan sediment rating curve.

image

image

Mengapa 5 titik? Ya karena data pengukuran yang ada adalah 5 titik itu. Kalau di kita (Indonesia), malah susah sekali mendapatkan data seperti itu.

Bagaimana jika debit yang masuk melebihi 300 cfs? HEC-RAS tidak melakukan extrapolasi, namun memakai data terbesar. Jadi jika debit > 300 cfs, jumlah sedimen yang masuk adalah 500 ton/hari. Tetapi apabila debit lebih kecil daripada debit terkecil yang ada di data, HEC-RAS melakukan interpolasi antara titik (1,0.05) dengan titik (0,0).

Angka-angka di bawah setiap kolom data (Flow, Total Load) adalah fraksi butir sedimen. Lihat kolom kedua: FS 0.08, MS 0.07, CS 0.06, VCS 0.03. Arti angka-angka ini adalah perbandingan fraksi butir sedimen Fine Sand:Medium Sand:Coarse Sand:Very Coarse Sand adalah 0.08:0.07:0.06:0.03. Angka-angka ini tentunya berasal dari pengukuran.

Semoga jawaban saya ini bermanfaat.

This entry was posted in HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.

51 Responses to HEC-RAS: Sediment Transport Analysis

Comments are closed.