Kursus HEC-RAS

Jadwal Kursus

Kursus atau pelatihan pemakaian HEC-RAS diselenggarakan di Laboratorium Komputasi DTSL FT UGM. Informasi mengenai jadwal dan biaya kursus dapat diperoleh melalui pesan WA kepada Mbak Mukti di nomor 08122967077.

Pengantar

HEC-RAS telah semakin banyak dipakai untuk membantu mensimulasikan aliran di sungai atau saluran. HEC-RAS memiliki sejumlah alasan untuk menjelaskan kepopulerannya. Kemudahan pemakaian, robustness, dan tidak kalah penting adalah bahwa HEC-RAS dapat diperoleh dengan mudah dan gratis (http://www.hec.usace.army.mil/software/hec-ras/hecras-download.html).

HEC-RAS merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran satu dimensi di sungai atau saluran, River Analysis System (RAS), dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), di bawah US Army Corps of Engineers (USACE).

Fitur HEC-RAS terdiri dari empat komponen hitungan hidraulika satu dimensi, yaitu 1) hitungan profil muka air aliran permanen, 2) simulasi aliran tak permanen, 3) hitungan transpor sedimen (mobile bed, moveable boundary), dan 4) analisis kualitas air.

Di DTSL FT UGM, HEC-RAS merupakan bagian materi mata kuliah Hidraulika Terapan yang diajarkan kepada mahasiswa program sarjana (S1) pada Semester VII sebagai mata kuliah pilihan. DTSL FT UGM menyelenggarakan pelatihan pemakaian HEC-RAS, yang biasanya diikuti oleh para mahasiswa program pascasarjana (S2). Peserta dari luar kampus dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan di kampus. Materi pelatihan yang diselenggarakan di kampus umumnya dikemas dalam 14 s.d. 28 jam tatap muka di kelas.

Pada beberapa kesempatan, saya diundang untuk memberikan pelatihan pemakaian HEC-RAS oleh suatu instansi pemerintah atau swasta. Materi pelatihan umumnya disesuaikan dengan kebutuhan pengundang. Salah satu contoh adalah pelatihan yang diselenggarakan di BBWS Serayu-Opak, 19-20 Juli 2011 (klik di sini).

Jadwal Tipikal

Penyesuaian jadwal, khususnya pengaturan jam pelajaran setiap materi bahasan sering kali perlu dilakukan dengan mempertimbangkan kecepatan peserta dalam mengikuti bahasan materi dan mengerjakan simulasi aliran yang diminta dalam modul pelatihan.

No Materi JP
1 Pendahuluan
a. Pengantar model hidraulik (simulasi aliran)
b. Pengenalan HEC-RAS
c. Pengaturan awal HEC-RAS
2
2 Simulasi aliran pada saluran sederhana (simple geometry river)
a. Simulasi aliran permanen
b. Syarat batas pada simulasi aliran permanen
c. Simulasi aliran tak permanen
3 s.d. 4
3 Simulasi aliran pada tata saluran (river network)
a. Junction: pertemuan sungai
b. Junction: percabangan sungai
3 s.d. 4
4 Simulasi aliran melalui struktur melintang sungai
a. Jembatan
b. Gorong-gorong
c. Bendung tetap
d. Bendung gerak
6 s.d. 8

JP : Jam Pelajaran

Modul

Naskah modul pelatihan pemakaian HEC-RAS sebagai pegangan peserta dalam mengikuti pelatihan dapat diunduh di bawah ini. Pada awalnya, untuk mengunduh diperlukan password yang diberikan kepada peserta pelatihan sebelum atau pada saat pelatihan. Namun, dilandasi keinginan untuk berbagi pengetahuan saya tentang pemakaian HEC-RAS, password tidak diperlukan lagi untuk mengunduh modul dasar.

Modul Pelatihan Pemakaian HEC-RAS

21 Responses to Kursus HEC-RAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *