Nilai UTS Matematika I

Ngudo roso

UTS Matematika I diselenggarakan pada Sabtu, 9 April 2011, tepat satu minggu yang lalu. Hari ini, saya unggahkan nilai ujian tersebut dengan maksud membantu mahasiswa yang menempuh mata kuliah Matematika I pada semester ini. Bagi mahasiswa yang telah mendapatkan nilai tinggi, saya ucapkan selamat dan harap terus dipertahankan pada UAS nanti. Bagi mahasiswa yang belum berhasil memperoleh nilai yang memuaskan, saya berharap nilai tersebut menjadi cambuk untuk bekerja lebih tekun pada tengah semester kedua sehingga berhasil lulus dengan nilai tinggi pada UAS nanti.

Dari 91 peserta ujian, nilai rata-rata adalah 7.5, simpangan baku 2.5, nilai terendah 0, dan nilai tertinggi 13. Setiap butir soal, ada 13 butir soal dalam 10 nomor soal, saya beri nilai 1 apabila dikerjakan dengan benar. Yang sedikit mengejutkan saya, hanya satu mahasiswa yang memperoleh nilai 13 dan hanya delapan mahasiswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 11. Tak kalah mengejutkannya adalah ada mahasiswa, walau hanya satu orang, yang memperoleh nilai 0 alias tidak mampu mengerjakan satu soal pun dengan benar, bahkan mendekati benar pun tidak mampu. Padahal mahasiswa ini ikut kuis yang kedua dan mampu mendapatkan nilai 3. Aneh tetapi benar-benar terjadi.

Soal UTS sebenarnya tidak banyak berbeda dengan soal-soal kuis, yang saya adakan dua kali selama paruh semester kemarin. Dari sepuluh soal UTS, hanya dua soal yang memiliki tipe yang belum pernah keluar dalam kuis. Namun, kedua soal ini pun berasal dari materi yang ada dalam buku pegangan kuliah. Dengan tipe soal yang sebagian besar mirip dengan soal kuis, saya sebenarnya berharap capaian nilai yang lebih baik lagi. Saya telah berusaha memberikan kisi-kisi soal UTS kepada para mahasiswa pada waktu kuliah dan bahkan kisi-kisi tersebut saya perjelas satu hari sebelum pelaksanaan ujian. Pada malam sebelum ujian, sekali lagi saya ingatkan (melalui fasilitas twitter) bagian-bagian yang harus dipelajari dan saya sediakan waktu apabila mahasiswa ingin bertanya.

Eniwe, UTS sudah selesai dan nilai telah saya berikan kepada setiap peserta ujian. Neks taim beter lah. Gut laq buwat UAS yakh.

Eh ya hampir lupa. Peserta ujian yang ingin mengambil lembar jawab UTS disilakan datang ke ruang kerja saya di Laboratorium Hidraulika setiap hari kerja. Silakan pula memberitahu saya jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan atau komplain nilai. Lha kalau saya salah menilai, tentu saja saya bersedia mengoreksi nilai. Saya telah unggahkan pula penyelesaian soal UTS di sini. Tolong ya kalau di penyelesaian yang saya buat ada yang salah, beritahu saya; jangan diam saja.

Resume nilai seluruh peserta ujian

Jumlah peserta ujian 91
Jumlah soal 13 butir soal dalam 10 nomor soal
Nilai maksimum yang dapat diperoleh 13
Nilai rata-rata 7.5
Simpangan baku nilai 2.5
Nilai tertinggi yang diperoleh peserta ujian 13 (hanya satu orang)
Nilai terendah yang diperoleh peserta ujian 0 (hanya satu orang)
Jumlah peserta ujian yang memperoleh nilai nilai 11. atau lebih tinggi 40 orang (44%)
Jumlah peserta ujian yang memperoleh nilai di bawah nilai rata-rata 8 orang (9%)

Nilai masing-masing peserta ujian

image

This entry was posted in Kuliah-Ujian-Tugas-Praktikum and tagged . Bookmark the permalink.