HEC-RAS: Terowongan (Tunnel)

Saya mendapati beberapa simulasi aliran melalui sebuah terowongan (tunnel) yang dimodelkan sebagai gorong-gorong (culvert) dalam HEC-RAS. Ada cara lain untuk memodelkan terowongan, yaitu memodelkannya sebagai saluran (river station, RS) yang diberi tutup (lid).

Contoh, sebuah terowongan bertampang lintang trapesium di bagian bawah dan setengah lingkaran di bagian atas. Saluran bagian bawah dimodelkan sebagai saluran tampang trapesium seperti lazimnya saluran terbuka. Saluran bagian atas dimodelkan sebagai lid. Klik menu Option dari layar editor data tampang lintang (Cross Section Data), pilih submenu Add a Lid to XS. Data lid adalah koordinat (Station, High El., Low El.). High El. adalah elevasi muka tanah dan Low El. adalah elevasi langit-langit terowongan. Koordinat Station dan Low El., yang membentuk langit-langit terowongan setengah lingkaran, dapat dihitung di spreadsheet. Aktifkan Add a Preismann Slot. Klik tombol OK untuk menutup layar editor data lid dan kembali ke layar editor data RS.

River station with a lid

Terowongan dimodelkan sebagai river station yang memiliki tutup (lid).

Gambar di bawah ini adalah tampang memanjang terowongan setelah semua data RS yang membentuk terowongan selesai di-input-kan.

Tampang memanjang terowongan.

About Istiarto

Dosen di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM, Ir. (Teknik Sipil Hidro, UGM), M.Eng. (Water Resources, AIT), Ph.D. (Hydraulics, EPFL).
This entry was posted in HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.