HEC-RAS atau HEC-HMS?

Beberapa pembaca weblog saya pernah menanyakan tentang perbedaan HEC-RAS dan HEC-HMS. Secara singkat, HEC-RAS adalah model hidraulika, sedangkan HEC-HMS adalah model hidrologi.

Dalam bahasa sederhana, HEC-HMS adalah tool untuk mengubah data (curah) hujan yang turun di DAS menjadi debit aliran (runoff) yang keluar dari DAS tersebut. Apabila kita ingin mengetahui perjalanan aliran banjir tersebut di sungai, maka kita memakai HEC-RAS. Jadi, HEC-HMS kita pakai untuk menghitung debit berdasarkan data hujan, sedangkan HEC-RAS kita pakai untuk menghitung muka air di sepanjang alur sungai berdasarkan masukan debit. Artinya, HEC-HMS memberikan debit banjir di titik kontrol DAS, sedangkan HEC-RAS memberikan informasi muka air banjir di sungai.

This entry was posted in HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.

24 Responses to HEC-RAS atau HEC-HMS?

  1. diyyah chairani says:

    Assalamaualaikum bapak, saya mahasiswa tingkat akhir. Saya ingin mempelajari hec-ras. Dan TA saya tentang normalisasi sungai. 

    Saya belum mengerti bagaimana caranya pak. Saya membaca beberapa jurnal, dan disana bisa diperoleh kondisi existing sungai dan normalisasi sungai dengan hec-ras. Bagaimana tahapannya pak?

    Data apa saja yang dibutuhkan untuk itu pak? 

    Terima kasih pak sebelumnya pak.

    Walaikumsalam wr wb

  2. sahat says:

    bedanya hec hms dengan SWMM apa yah?

    • Istiarto says:

      Saya belum pernah memakai SWMM. Tetapi kalau tidak salah, SWMM juga model hidrologi. Dia menghitung beban aliran dari hujan yang jatuh di suatu kawasan. SWMM sepertinya punya modul kualitas air. Maaf, sangat sedikit yang saya ketahui tentang SWMM.

  3. Mega Tresnanda says:

    Assalamualaikum, saya mau bertanya
    Apakah ada modul untk HEC HMS pak? soalnya saya sedang melakukan penelitian tugas akhir dan agak sedikit bingung dalam penentuan metode untk mencari debit aliran. Apa menggunakan HEC-HMS atau metode rasional biasa. Kajian saya tentang keandalan suatu waduk sebagai pengendali banjir. Dimana waduk tersebut memiliki aliran inflow dan outflownya. Mohon saran dan solusinya pak. Terimakasih

    • Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww
      Saya tidak memiliki modul pembelajaran HEC-HMS.
      Waduk biasanya memiliki daerah tangkapan hujan luas sehingga metode Rasional tidak tepat untuk menghitung inflow waduk. Inflow waduk, jika data yang dimiliki adalah data hujan, perlu dihitung dengan menggunakan metode alih ragam hujan-aliran yang andal. HEC-HMS dapat dipakai untuk membantu dalam hitungan tersebut.
      Wassalamu’alaikum ww

      • Mega Tresnanda says:

        Terimakasih banyak pak bantuannya, saya juga akan menganalisis menggunakan HEC RAS. Apakah software HEC RAS cocok untuk menganalisis waduk. Sya dengar HEC RAS itu ada beragam jenis. Jenis yg mana ya pak yang cocok untuk analisis waduk?

  4. lusi says:

    salut dengan kecerdasan dan kepedulian pak Istiarto, bangga dan sangat menggembirakan dengan ilmu yg sulit ini kami dibagi dan diajarkan dengan sukarela, semoga Allah memberikan balasan yang indah buat pak Istiarto, Saya sangat menginginkan belajar HECRAS ini pak, tapi selalu tidak tahu kapan bisa mengikuti pelatihan, krn sy tdk mendpatkan info, utk th 2017 ini kapan pak ya, salam hormat lusi

    • Istiarto Istiarto says:

      Terima kasih Mbak Lusi atas kunjungan dan atensi kepada laman ini. Terima kasih untuk doanya. Amien.
      Saya akan meminta Mbak Dwi Haryati yang mengatur jadwal kursus untuk menghubungi Mbak Lusi melalui email. Tunggu setelah libur usai ya.

      • Sam says:

        Selamat pagi pak Is.
        Web ini sangat membantu
        Mohon informasi untuk kursus hecras apabila diadakan dalam waktu dekat.
        Mohon bantuan pak apabila ada kerabat/rekan yang mengerti penggunaan hec-hms karena saya cuma punya data hujan, setelah itu ingin menormalisasi sungai menggunakan teknik HEC-RAS
        Email saya ada di sam93yp@gmail.com
        Mohon bantuannya pak trims

  5. Nailul Rohmah says:

    Selamat sore pa istiarto, saya ingin menanyakan, bagaimana memperoleh ketinggian muka air banjir di muara sungai yang berbatasan langsung dengan air laut? apakah bisa diambil dengan ketinggian pasang surut saja? atau harus ditambahkan dengan Muka Air Banjir dengan Q tertentu? kemudian jika di modelkan dengan hec-ras untuk Muka Air Banjirnya cukupkah Q didapat dari metode rasional?

    • Istiarto Istiarto says:

      Mbak Nailul Rohmah, selamat pagi.

      Dalam sebagaian besar kasus, muka air di perbatasan sungai-laut mengikuti pasut air laut. Dalam kasus yang lain, jika posisi sungai lebih tinggi daripada laut, maka muka air di sungai dipengaruhi debit aliran dari hulu. Sebenarnya, hal ini bisa diprediksi dulu dengan cara menggambar profil (tampang memanjang) sungai yang menunjukkan dasar sungai serta muka air sungai dan laut. Nanti akan dapat diperkirakan muka airnya. Ingat profil M1, M2, dst yang kita pelajari dalam kuliah hidraulika.

  6. adhie fatmaraga says:

    Selamat siang pak istiarto, saya ingin menanyakan untuk analisis saluran drainase apakah dapat dimodelkan menggunakan hec ras atau ada software lainnya?

    • Istiarto Istiarto says:

      Mas Adhie Fatmaraga,
      HEC-RAS dapat dipakai untuk memodelkan aliran di saluran drainase. HEC-RAS membutuhkan data beban drainase (debit aliran drainase) sebagai input data. Selain HEC-RAS, ada aplikasi lain yang juga dapat digunakan, yaitu SWMM (Storm-water Management Model). SWMM adalah software gratis seperti halnya HEC-RAS.
      Salam.

  7. Rachmad Mulyadi says:

    Ysh. Pak istiarto
    mohon pencerahannya, apakah untuk menafsirkan banjir posisi dan debitnya apakah dilakukan dulu kajian data dengan HEC HMS setelah jadi baru dengan HEC RAS?
    terima kasih…

    • Istiarto Istiarto says:

      Saya mencoba memahami maksud pertanyaan ini adalah hidrograf debit banjir dan titik kontrol (lokasi) hidrograf tersebut di sungai yang akan dipakai sebagai data masukan pada simulasi aliran banjir dengan HEC-RAS. Benarkah demikian?
      Ada berbagai cara untuk mendapatkan data ini. Yang paling baik adalah perolehan hasil pengukuran. Cara lain adalah dengan penghitungan. HEC-HMS dapat dipakai sebagai alat (software) untuk menghitung hidrograf banjir ini.
      Semoga ini menjawab pertanyaan Mas Rachmad Mulyadi.

  8. Afresa Amanda says:

    selamat siang pak salam kenal saya mahasiswi tingkat akhir yang skrg lagi proses pengerjaan penelitian, judul yang ingin saya angkat adalah ttg analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran sungai dengan menggunakan hecras. yang saya ingin tanyakan disini adalah apakah model hecras ini bisa digunakan untuk meanganalisis kemampuan daya tampung dan dukung sungai ? serta perbedaan mendasar dari model hecras dan qual2kw itu apa ya pak? terima kasih pak.

    • Istiarto Istiarto says:

      Selamat malam, Mas/Mbak Afresa Amanda, salam kenal kembali.

      Modul kualitas air adalah salah satu modul dalam HEC-RAS. Modul kualitas air memodelkan transpor atau sebaran polutan dalam aliran. Misal di suatu titik di sungai ada sumber polutan, maka HEC-RAS menghitung sebaran polutan tersebut di sepanjang aliran. Hasil hitungan berupa konsentrasi polutan di banyak titik di sungai sesuai keinginan pengguna HEC-RAS. Dalam konteks daya dukung sungai, saya tidak begitu mengerti. Mungkin yang dimaksudkan adalah konsentrasi polutan di sungai itu akan melebihi ambang baku mutu air? Kalau seperti itu, tinggal memeriksa konsentrasi polutan maksimum di sepanjang aliran. Jika konsentrasi melebihi baku mutu, maka sungai itu tidak memiliki daya dukung yang cukup untuk menampung polutan dari sumber polutan. Mungkin demikian ya?

      Mengenai model QUAL2Kw, saya tidak mengenalnya sehingga tidak dapat memberikan informasi mengenai QUAL2Kw. Pengetahuan saya tentang QUAL2Kw hanya sebatas yang dituliskan di web resminya, yaitu di https://cfpub.epa.gov/si/si_public_record_Report.cfm?dirEntryID=83126.

      Wassalam.

  9. Siti Nur Sa'idah says:

    Selamat pagi, Pak. saya sedang ada penelitian mengenai analisis banjur genangan di daerah kali kasin yang merupakan saluran drainase yang tidak terlalu luas. saya ingin bertanya pak untuk melakukan analisis tersebut data apa saja kah yang dibutuhkan? dan saya juga ingin tahu bagaimana cara mendapatkan data debit dari pengolahan HEC HMS? Terima kasih

    • Istiarto Istiarto says:

      Assalamu’alaikum ww

      Salah satu cara adalah dengan memakai HEC-RAS untuk memodelkan aliran di Kali Kasin itu. Kebutuhan data adalah data geometri Kali Kasin (tampang melintang, tampang memanjang, struktur hidraulik seperti gorong-gorong dsb), data debit aliran yang akan membebani (mengalir ke) Kali Kasin. Silakan mendownload Modul Dasar: Simple Geometry River dari web saya ini. Ini modul dalam bahasa Indonesia.

      Hasil olahan dalam HEC-HMS yang berupa debit aliran dapat dicopy dan dapat dibaca atau digunakan sebagai data masukan dalam analisis aliran, misal dengan memakai HEC-RAS.

      Wassalamu’alaikum ww

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.