HEC-RAS atau HEC-HMS?

Beberapa pembaca weblog saya pernah menanyakan tentang perbedaan HEC-RAS dan HEC-HMS. Secara singkat, HEC-RAS adalah model hidraulika, sedangkan HEC-HMS adalah model hidrologi.

Dalam bahasa sederhana, HEC-HMS adalah tool untuk mengubah data (curah) hujan yang turun di DAS menjadi debit aliran (runoff) yang keluar dari DAS tersebut. Apabila kita ingin mengetahui perjalanan aliran banjir tersebut di sungai, maka kita memakai HEC-RAS. Jadi, HEC-HMS kita pakai untuk menghitung debit berdasarkan data hujan, sedangkan HEC-RAS kita pakai untuk menghitung muka air di sepanjang alur sungai berdasarkan masukan debit. Artinya, HEC-HMS memberikan debit banjir di titik kontrol DAS, sedangkan HEC-RAS memberikan informasi muka air banjir di sungai.

This entry was posted in HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.

70 Responses to HEC-RAS atau HEC-HMS?

  1. diyyah chairani says:

    Assalamaualaikum bapak, saya mahasiswa tingkat akhir. Saya ingin mempelajari hec-ras. Dan TA saya tentang normalisasi sungai. 

    Saya belum mengerti bagaimana caranya pak. Saya membaca beberapa jurnal, dan disana bisa diperoleh kondisi existing sungai dan normalisasi sungai dengan hec-ras. Bagaimana tahapannya pak?

    Data apa saja yang dibutuhkan untuk itu pak? 

    Terima kasih pak sebelumnya pak.

    Walaikumsalam wr wb

  2. sahat says:

    bedanya hec hms dengan SWMM apa yah?

    • Istiarto says:

      Saya belum pernah memakai SWMM. Tetapi kalau tidak salah, SWMM juga model hidrologi. Dia menghitung beban aliran dari hujan yang jatuh di suatu kawasan. SWMM sepertinya punya modul kualitas air. Maaf, sangat sedikit yang saya ketahui tentang SWMM.

  3. Mega Tresnanda says:

    Assalamualaikum, saya mau bertanya
    Apakah ada modul untk HEC HMS pak? soalnya saya sedang melakukan penelitian tugas akhir dan agak sedikit bingung dalam penentuan metode untk mencari debit aliran. Apa menggunakan HEC-HMS atau metode rasional biasa. Kajian saya tentang keandalan suatu waduk sebagai pengendali banjir. Dimana waduk tersebut memiliki aliran inflow dan outflownya. Mohon saran dan solusinya pak. Terimakasih

    • Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww
      Saya tidak memiliki modul pembelajaran HEC-HMS.
      Waduk biasanya memiliki daerah tangkapan hujan luas sehingga metode Rasional tidak tepat untuk menghitung inflow waduk. Inflow waduk, jika data yang dimiliki adalah data hujan, perlu dihitung dengan menggunakan metode alih ragam hujan-aliran yang andal. HEC-HMS dapat dipakai untuk membantu dalam hitungan tersebut.
      Wassalamu’alaikum ww

      • Mega Tresnanda says:

        Terimakasih banyak pak bantuannya, saya juga akan menganalisis menggunakan HEC RAS. Apakah software HEC RAS cocok untuk menganalisis waduk. Sya dengar HEC RAS itu ada beragam jenis. Jenis yg mana ya pak yang cocok untuk analisis waduk?

  4. lusi says:

    salut dengan kecerdasan dan kepedulian pak Istiarto, bangga dan sangat menggembirakan dengan ilmu yg sulit ini kami dibagi dan diajarkan dengan sukarela, semoga Allah memberikan balasan yang indah buat pak Istiarto, Saya sangat menginginkan belajar HECRAS ini pak, tapi selalu tidak tahu kapan bisa mengikuti pelatihan, krn sy tdk mendpatkan info, utk th 2017 ini kapan pak ya, salam hormat lusi

    • Istiarto Istiarto says:

      Terima kasih Mbak Lusi atas kunjungan dan atensi kepada laman ini. Terima kasih untuk doanya. Amien.
      Saya akan meminta Mbak Dwi Haryati yang mengatur jadwal kursus untuk menghubungi Mbak Lusi melalui email. Tunggu setelah libur usai ya.

      • Sam says:

        Selamat pagi pak Is.
        Web ini sangat membantu
        Mohon informasi untuk kursus hecras apabila diadakan dalam waktu dekat.
        Mohon bantuan pak apabila ada kerabat/rekan yang mengerti penggunaan hec-hms karena saya cuma punya data hujan, setelah itu ingin menormalisasi sungai menggunakan teknik HEC-RAS
        Email saya ada di sam93yp@gmail.com
        Mohon bantuannya pak trims

  5. Nailul Rohmah says:

    Selamat sore pa istiarto, saya ingin menanyakan, bagaimana memperoleh ketinggian muka air banjir di muara sungai yang berbatasan langsung dengan air laut? apakah bisa diambil dengan ketinggian pasang surut saja? atau harus ditambahkan dengan Muka Air Banjir dengan Q tertentu? kemudian jika di modelkan dengan hec-ras untuk Muka Air Banjirnya cukupkah Q didapat dari metode rasional?

    • Istiarto Istiarto says:

      Mbak Nailul Rohmah, selamat pagi.

      Dalam sebagaian besar kasus, muka air di perbatasan sungai-laut mengikuti pasut air laut. Dalam kasus yang lain, jika posisi sungai lebih tinggi daripada laut, maka muka air di sungai dipengaruhi debit aliran dari hulu. Sebenarnya, hal ini bisa diprediksi dulu dengan cara menggambar profil (tampang memanjang) sungai yang menunjukkan dasar sungai serta muka air sungai dan laut. Nanti akan dapat diperkirakan muka airnya. Ingat profil M1, M2, dst yang kita pelajari dalam kuliah hidraulika.

  6. adhie fatmaraga says:

    Selamat siang pak istiarto, saya ingin menanyakan untuk analisis saluran drainase apakah dapat dimodelkan menggunakan hec ras atau ada software lainnya?

    • Istiarto Istiarto says:

      Mas Adhie Fatmaraga,
      HEC-RAS dapat dipakai untuk memodelkan aliran di saluran drainase. HEC-RAS membutuhkan data beban drainase (debit aliran drainase) sebagai input data. Selain HEC-RAS, ada aplikasi lain yang juga dapat digunakan, yaitu SWMM (Storm-water Management Model). SWMM adalah software gratis seperti halnya HEC-RAS.
      Salam.

  7. Rachmad Mulyadi says:

    Ysh. Pak istiarto
    mohon pencerahannya, apakah untuk menafsirkan banjir posisi dan debitnya apakah dilakukan dulu kajian data dengan HEC HMS setelah jadi baru dengan HEC RAS?
    terima kasih…

    • Istiarto Istiarto says:

      Saya mencoba memahami maksud pertanyaan ini adalah hidrograf debit banjir dan titik kontrol (lokasi) hidrograf tersebut di sungai yang akan dipakai sebagai data masukan pada simulasi aliran banjir dengan HEC-RAS. Benarkah demikian?
      Ada berbagai cara untuk mendapatkan data ini. Yang paling baik adalah perolehan hasil pengukuran. Cara lain adalah dengan penghitungan. HEC-HMS dapat dipakai sebagai alat (software) untuk menghitung hidrograf banjir ini.
      Semoga ini menjawab pertanyaan Mas Rachmad Mulyadi.

  8. Afresa Amanda says:

    selamat siang pak salam kenal saya mahasiswi tingkat akhir yang skrg lagi proses pengerjaan penelitian, judul yang ingin saya angkat adalah ttg analisis kualitas air dan daya tampung beban pencemaran sungai dengan menggunakan hecras. yang saya ingin tanyakan disini adalah apakah model hecras ini bisa digunakan untuk meanganalisis kemampuan daya tampung dan dukung sungai ? serta perbedaan mendasar dari model hecras dan qual2kw itu apa ya pak? terima kasih pak.

    • Istiarto Istiarto says:

      Selamat malam, Mas/Mbak Afresa Amanda, salam kenal kembali.

      Modul kualitas air adalah salah satu modul dalam HEC-RAS. Modul kualitas air memodelkan transpor atau sebaran polutan dalam aliran. Misal di suatu titik di sungai ada sumber polutan, maka HEC-RAS menghitung sebaran polutan tersebut di sepanjang aliran. Hasil hitungan berupa konsentrasi polutan di banyak titik di sungai sesuai keinginan pengguna HEC-RAS. Dalam konteks daya dukung sungai, saya tidak begitu mengerti. Mungkin yang dimaksudkan adalah konsentrasi polutan di sungai itu akan melebihi ambang baku mutu air? Kalau seperti itu, tinggal memeriksa konsentrasi polutan maksimum di sepanjang aliran. Jika konsentrasi melebihi baku mutu, maka sungai itu tidak memiliki daya dukung yang cukup untuk menampung polutan dari sumber polutan. Mungkin demikian ya?

      Mengenai model QUAL2Kw, saya tidak mengenalnya sehingga tidak dapat memberikan informasi mengenai QUAL2Kw. Pengetahuan saya tentang QUAL2Kw hanya sebatas yang dituliskan di web resminya, yaitu di https://cfpub.epa.gov/si/si_public_record_Report.cfm?dirEntryID=83126.

      Wassalam.

  9. Siti Nur Sa'idah says:

    Selamat pagi, Pak. saya sedang ada penelitian mengenai analisis banjur genangan di daerah kali kasin yang merupakan saluran drainase yang tidak terlalu luas. saya ingin bertanya pak untuk melakukan analisis tersebut data apa saja kah yang dibutuhkan? dan saya juga ingin tahu bagaimana cara mendapatkan data debit dari pengolahan HEC HMS? Terima kasih

    • Istiarto Istiarto says:

      Assalamu’alaikum ww

      Salah satu cara adalah dengan memakai HEC-RAS untuk memodelkan aliran di Kali Kasin itu. Kebutuhan data adalah data geometri Kali Kasin (tampang melintang, tampang memanjang, struktur hidraulik seperti gorong-gorong dsb), data debit aliran yang akan membebani (mengalir ke) Kali Kasin. Silakan mendownload Modul Dasar: Simple Geometry River dari web saya ini. Ini modul dalam bahasa Indonesia.

      Hasil olahan dalam HEC-HMS yang berupa debit aliran dapat dicopy dan dapat dibaca atau digunakan sebagai data masukan dalam analisis aliran, misal dengan memakai HEC-RAS.

      Wassalamu’alaikum ww

  10. Rian says:

    Assalamualaikum pak , saya mahasiswa tingkat akhir yang sekarang dalam proses pengerjaan penelitian, saya ingin meangkat tema tentang pemodelan aplikasi pintu klep dalam pengaturan tinggi muka air, yang ingin saya tanyakan apa saja data yang diperlukan dalam mensimulasikan pengaruh elevasi pintu klep terhadap tinggi muka air pak , terimakasih pak

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      Mas Rian, salam kenal.

      Data yang diperlukan untuk menyimulasikan pintu klep adalah: tampang lintang sungai di beberapa stasiun (misal di setiap selang 25 meter), tampang lintang sungai di pintu, tampang lintang sungai di sisi hulu dan hilir pintu, tampang memanjang sungai di pintu, ukuran pintu (lebar, tinggi), elevasi dasar pintu, jumlah pintu, debit aliran (khususnya di batas hulu sungai), muka air di batas hilir sungai.

      Wassalamu’alaikum ww

  11. fernando says:

    halo selamat pagi pak saya mahasiswa tingkat akhir dan kini sedang dalam proses menyusun tugas akhir. saya ingin menanyakan apakah Hec Hms dapat digunakan untuk menghitung besar limpasan hujan dari suatu daerah pemukiman ? dan apakah dapat dibuat pemodelan dari hasil perhitungan tersebut ? kalau bisa kira – kira data apa saja yang saya perlukan untuk menganallisis hal tersebut ? terima kasih pak

  12. dwi apriyanti says:

    assalamualikum pak,
    saya mahasiswa tingkat akhir yang menganalisa debit banjir dengan HEC-HMS pak, nah data yang di butuh kan itu curah hujan bulanan atau jam jam an ya pak ? masih bingung meng input data hujan nya yg mana yang di pakai.
    terimakasih pak, mohon jawaban nya pak.

  13. Vera Sianipar says:

    assalamualikum pak,

    salam hormat,
    saya alumni MPSA UGM th 2004.
    Apakah di Jakarta ada cabangnya untuk kursus HEC-RAS dan HEC HMS? untuk program RAS dan HMS yang terbaru versi berapa ya pak, dimana dapat dibeli program tersebut? untuk menunjang pekerjaan saya sebagai drainage engineer. mohon berkenan saya diarahkan dan informasinya ya pak.
    Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum ww

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      Kursus hanya diselenggarakan di kampus. Kursus di luar kampus biasanya atas undangan suatu instansi.
      Versi terbaru: HEC-RAS 5.0.5, HEC-HMS 4.2.1. Perbedaan utama HEC-RAS versi 4 dan 5 adalah pada fitur 2D yang ada di versi 5. Apabila tidak ada kebutuhan untuk memodelkan aliran 1D+2D, saya memilih memakai versi 4. Untuk memodelkan aliran di jaring saluran drainase, sebagai contoh, saya memakai versi 4.

      Wassalamu’alaikum ww

  14. muhammad ficri says:

    Assalamualaikum, pak saya mau bertanya
    sebelumnya, saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir pak. dan tugas akhir saya mengenai ilmu air yaitu hydrograph flood routing dari nguter-ngawi.
    yang jadi pertanyaan:
    1. data yang dibutuhkan itu apa saja pak? * saya ingi lebih memastikan pak*
    2. kalo pake hec ras bisa tidak pak? kalo bisa mohon bantuannya pak istiarto.
    saya disarankan dosen saya untuk bertanya ke pada pak istiarto soal hec ras untuk menganalisa flood routing

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      Sepertinya Saudara ingin melakukan hydraulic flood routing. HEC-RAS yang Saudara perlukan. Bukan HEC-HMS. Data yang dibutuhkan adalah data geometri sungai (alur, tampang lintang, kekasaran dasar sungai), hidrograf debit aliran di batas hulu, dan hidrograf muka air di batas hilir.

      Wassalamu’alaikum ww

  15. muhammad ficri says:

    assalamualikum pak,

    salam hormat, saya mau bertanya pak mengenai tugas akhir saya yang berjudul flood routing analisis dari nguter sampai ngawi. pertanyaan saya
    1. apakah bisapakai hec ras?
    2. data apa saja yang digunakan untuk tugas akhir saya
    3. kalo bisa pakai hec ras mohon bantuannya pak

    terimakasi

  16. Aisyatul Mas'adah says:

    Assalamualaikum pak,
    saya mau bertanya sebelumnya, saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir pak. dan tugas akhir saya mengenai analisis kualitas air sungai parameter nitrat dan nitrit. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah tema saya itu memungkinkan jika memakai hec-ras?
    2. data yang diperlukan apa saja pak?
    3. serta apakah ada tutorial mengenai kualitas air menggunakan hec-ras?
    terima kasih sebelumnya pak
    Wassalamualaikum

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      1. Saya tidak tahu yang dinamakan nitrat dan nitrit. HEC-RAS mampu menyimulasikan transpor temperatur air, massa polutan sembarang, nitrogen terlarut (NO3-N, NO2-N, NH4-N, Org-N), fosfor terlarut (PO4-P, Org-P), algae, CBOD, dan oksigen terlarut.

      2. Data yang diperlukan adalah: geometri sungai (denah/situasi alur sungai, tampang melintang, tampang memanjang, kondisi dasar sungai), hidrograf debit aliran di batas model, hidrograf muka air di batas model, debit beban kontaminan atau konsentrasi massa.

      3. Saya tidak tahu mengenai keberadaan tutorial dalam bahasa Indonesia. Kalau dalam bahasa Inggris, ada di bawaan HEC-RAS.

      Wassalamu’alaikum ww

  17. davi says:

    Wa’alaikumsalam ww

    Mohon ijin saya ingin bertanya pak,
    Ceritanya saya ingin menggunakan HEC-HMS untuk men-simulasikan curah hujan menjadi debit dalam suatu waduk. jadi point akhir akan didapatkan ketika ada hujan sekian maka sekainlah debit air nya.
    Kajian ini akan saya gunakan sebagai upaya pendekatan efek dari adanya kegiatan modifiaksi cuaca.
    Pertanyaan saya
    1. Apakah penelitian/kajian tersebut bisa dilakukan?
    2. Data apa saja kira2 yang dibutuhkan untuk HEC-HMS?

    Demikian, saya ucapkan banya terima kasih sebelumnya pak
    Wassalamualaikum ww

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww
      1. Ya, penelitian itu dapat dilakukan.
      2. Data geometri catchment area waduk, jenis tanah, laju infiltrasi, landuse, alur sungai, curah hujan, evaporasi.
      Wassalamu’alaikum ww

  18. Bangkit Pramukti says:

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mau bertanya sebelumnya, saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir pak. dan tugas akhir saya mengenai pemodelan luapan air akibat banjir lahar. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah tema saya itu memungkinkan jika memakai HEC-RAS?
    2. data apa saja yang diperlukan pak?
    3. parameter apa saja yang dimasukkan dalam HEC-RAS?
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam ww

      1. HEC-RAS tidak dapat memodelkan aliran (banjir) lahar.
      2. Saya jawab untuk simulasi aliran banjir bukan lahar. Data yang dibutuhkan adalah geometri sungai (alur, tampang memanjang, tampang melintang, kekasaran dasar sungai), geometri struktur hidraulika (jembatan, gorong-gorong, bendung, dsb), debit aliran dan muka air (setidaknya di batas model).
      3. Waktu simulasi, selang waktu hitungan, dan beberapa parameter model lain yang telah diberi nilai default oleh HEC-RAS tetapi dapat diatur oleh pengguna.

      Wassalamu’alaikum ww

  19. Fitri Febriyani says:

    assalammu’alaikum pak sya mahasiswi tingkat akhir, mohon izin pak sya ingin bertanya, sekarang sya lagi menganalisis tentang pengaruh back water trhadap banjir, yang ingin sya tanyakan untuk debit sndri sya dpat dengan menggunakan metode rasional yang saya bgungkan bagaimana mendapatkan hidrograph debit yang akan digunakan pada data dihulu?

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb

      Persamaan dalam metode rasional memang hanya memberikan debit puncak. Untuk hidrograf debit aliran, gunakan bentuk segitiga dengan tinggi sama dengan debit puncak itu.

      Wassalamu’alaikum wr wb

  20. etty says:

    Assalamualaikum WR WB

    Selamat siang Pak, mohon pencerahannya…sy sedang melakukan penelitian menggunakan Hec-GeoHMS. Apakah Bapak memiliki modul tool tersebut dalam berbahasa Indonesia atau link referensi/modul yang merujuk pada penggunaan tool tersebut?

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb

      Maaf, saya tidak memiliki modul itu. Saya pun tidak menguasai HEC-GeoHMS.

      Wassalamu’alaikum wr wb

  21. Rindang Mekarsasi says:

    Assalamualaikum wr wb pak, maaf mengganggu waktunya. Perkenalkan saya adalah mahasiswi tingkat akhir yang sedang menjalani penelitian tentang Pemodelan Erosi Lahan pada Waduk Wadaslintang dengan Hydrologic Modeling System (HEC-HMS) . Saya mau bertanya perihal kira-kira data apa saja yang dibutuhkan dalam membuat pemodelan erosi lahan menggunakan HEC-HMS? Dan kira-kira bagaimana kesulitan dalam proses pembuatan pemodelan erosi lahan menggunakan HEC-HMS? Terimakasih pak.

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb
      Mbak Rindang Mekarsasi, salam kenal kembali.
      Mohon maaf, saya belum pernah memakai HEC-HMS untuk memodelkan erosi lahan sehingga tidak memiliki pengetahuan tentang itu.
      Wassalamu’alaikum wr wb

  22. Rahma Lina says:

    Assalamualaikum pak, perkenalkan saya lina mahasiswa tingkat akhir. Saya ingin menanyakan pak apakah untuk judul ini “perbandingan debit limpasan terhadap tutupan lahan menggunakan metode scs-Cn, rasional, dan pemodelan hec-hms di das cisadane hulu” dapat dilakukan untuk penelitian pak? Dan pemodelan hec-hms itu maksudnya gimana ya pak? Terimakasih pak

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb
      Mbak Rahma Lina, topik seperti itu dapat diteruskan sebagai topik tugas akhir. Tentu saja, dosen pembimbing yang akan menyatakan ya/tidak setuju.
      HEC-HMS adalah software hidrologi. Salah satu penggunaan HEC-HMS adalah untuk menghitung debit aliran permukaan (surface run-off) dari data curah hujan dan karakteristika DAS. Software ini dapat didownload dari web USACE dan dapat dipakai secara gratis.
      Wassalamu’alaikum wr wb

  23. fadhil says:

    perkenalkan saya iqbal pak saya sedang melakukan penelitian tugas akhir, penelitian saya ini tentang analisis genangan banjir menggunakan HEC-RAS tapi saya ingin menghitung sendiri debitnya yaitu menggunakan HEC-HMS. kira-kira di HEC-HMS ini data apa yang di gunakan.
    Mohon pencerahannya.

  24. Enjel says:

    Salam pak saya tasya, saya mau menanyakan bagaimana cara memasukkan data sedimen di hec-ras? Berhubung TA saya tentang analisis angkutan sedimen. Mohon bantuannnya pak

  25. Istiarto Istiarto says:

    Hallo Tasya, salam kenal kembali.

    Data sedimen dimasukkan melalui menu Edit | Sediment Data yang ada di layer utama HEC-RAS. Data yang dibutuhkan antara lain: gradasi butir sedimen (material dasar sungai) di sejumlah lokasi cross section (RS), kedalaman erosi maksimum atau elevasi minimum dasar sungai di setiap RS, posisi titik di tebing kiri dan tebing kanan sungai batas erosi/deposisi, syarat batas di hulu (upstream) yang dapat berupa rating curve sedimen, debit sedimen, transport sedimen dalam keadaan seimbang.

    Salam.

    • Enjel says:

      Trima kasih pak, saya mau tnyakan lagi apakah data sedimen hrs di msukkan ke dlm quasi unsteady flow atau bisa di steady flow?

      • Istiarto Istiarto says:

        Bukan. Data sedimen dimasukkan dalam menu Sediment Data, bukan dalam menu Quasi Unsteady Flow maupun Steady Flow. Quasi Unsteady Flow data dimasukkan dalam menu Quasi Unsteady Flow. Dalam menu ini, tidak ada isian tentang sedimen.

  26. Muslimah says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
    perkenalkan saya muslima rencananya ingin melakukan penelitian tugas akhir tentang analisis genangan. mau tanya pak, apa bisa di HEC-RAS outputnya itu grafik, jujur saja tentang HEC-RAS ini saya baru tau. karena rencananya saya ingin membandingkan metode apa yang cocok di HEC-HMS dengan hasil saya di HEC-RAS.
    Mohon bimbingannya pak.
    wassalam

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb
      Bisa, output HEC-RAS dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel.
      Tidak tepat apabila membandingkan metode di HEC-HMS dan di HEC-RAS karena keduanya memang berbeda. HEC-HMS adalah model hidrologi, sedangkan HEC-RAS adalah model hidraulika.
      Wassalamu’alaikum wr wb

  27. muslimah says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
    selamat siang mba, saya muslima mahasiswa tingkat akhir yang ingin meneliti tentang HEC-HMS dan HEC-RAS. boleh kirim alamat emailnya mba saya mau tanya soal HEC-HMS seputar debit juga karena senior-senior saya belum ada yang pake ini HEC-RAS mba.
    Terima kasih, mohon bimbingannya mba.
    wassalam.

  28. Sharon says:

    Salam pak, saya sharon
    Saya ingin menanyakan bagaimana cara memasukkan data sedimen di Hec Ras? Apakah cara memasukkan data sedimen di bagian tikungan dan di bagian lurus sungai berbeda pak? Berhubung Skripsi saya mengenai Analisis Angkutan Sedimen di Bagian Tikungan Sungai
    Mohon bantuannya Pak, terimakasih

    • Istiarto Istiarto says:

      Mbak Sharon, selamat malam. Salam kenal kembali.

      Data sedimen dimasukkan melalui menu Edit | Sedimen Data yang ada di layer utama HEC-RAS. Data yang dibutuhkan antara lain: gradasi butir sedimen (material dasar sungai) di sejumlah lokasi cross section (RS), kedalaman erosi maksimum atau elevasi minimum dasar sungai di setiap RS, posisi titik di tebing kiri dan tebing kanan sungai batas erosi/deposisi, syarat batas di hulu (upstream) yang dapat berupa rating curve sedimen, debit sedimen, transport sedimen dalam keadaan seimbang.

      Salam

  29. Della Natasya says:

    Assalamualaikum, pak. Perkenalkan sy Della, mahasiswa tingkat akhir yang ingin meneliti tentang kualitas air sumur bor warga. Pertanyaan sy apakah penelitian ini bisa memakai Hec-Ras pak? Dan jika bisa data apa saja yang diperlukan. Terimakasih

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb

      Tidak, HEC-RAS tidak dapat dipakai untuk penelitian tentang kualitas air sumur.

      Wassalamu’alaikum wr wb

  30. Rizky hardiyanti says:

    Assalamualaikum, perkenalkan pak saya rizky maahsiswa tingkat akhir yang sedang meneliti tentang tinggi genangan akibat debit banjir. Bisakah saya mengetahui tinggi genangan di bantaran sungai tanpa bntuan aplikasi HEC-RAS?

    • Istiarto Istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb
      Ya, bisa. Cara paling baik adalah dengan pengukuran langsung di lapangan saat genangan terjadi. Cara lain, pengukuran/pemetaan saat tidak terjadi genangan dengan mengukuran jejak genangan yang pernah terjadi. Pengukuran tidak langsung dengan memakai peta topografi yang ada, dikombinasikan dengan data kedalaman genangan yang pernah terjadi.
      Selain pengukuran, hitungan atau simulasi dapat dilakukan dengan model hidraulika. Selain HEC-RAS, ada model-model yang ada, misal SMS, Mike21, Mike3D, dan lain-lain. Sila googling di internet.
      Wassalamu’alaikum wr wb

  31. Wigi Aldira says:

    selamat siang pak
    saya aldi sedang mengerjakan tugas akhir
    mau nanya apakah kita bisa evaluasi kapasitas sungai yang ada bendungnya dengan memakai HEC RAS?
    terima kasih pak

    • Istiarto Istiarto says:

      Selamat siang Mas Wigi Aldira,
      Ya, HEC-RAS dapat dipakai untuk keperluan evaluasi kapasitas sungai yang memiliki bendung dan berbagai struktur hidraulik seperti gorong-gorong, jembatan, pintu air, kolam retensi, kolam detensi, tanggul, pompa air. HEC-RAS akan sangat membantu.
      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.