Bahan Kuliah Teknik Sungai

Bahan kuliah Teknik Sungai yang berupa file (dalam format pdf) yang ditayangkan pada kuliah Semester V 2010-2011 yang lalu telah di-upload-kan ke website ini. Mahasiswa yang memerlukan file tersebut dipersilakan untuk mengunduhnya dengan mengklik tautan di bawah ini.

Bahan kuliah Teknik Sungai

Mahasiswa disarankan pula untuk mempelajari naskah laporan tugas yang telah dikumpulkan pada kuliah 20 Oktober 2010 kemarin.

This entry was posted in Kuliah-Ujian-Tugas-Praktikum and tagged . Bookmark the permalink.

16 Responses to Bahan Kuliah Teknik Sungai

  1. Ratih Kusuma Hartini says:

    Pak, saya ingin menanyakan tentang fase aliran sekunder pada belokan sungai, pada kondisi bagaimana kah mencapai fully developed?

  2. wawan sudarmawan says:

    pak . . . sy mau tanya, bagaimana cara pakai program Hec – RAS . . apa ada buku panduannya ?, mohon infonya . . makasih . . .

    • istiarto says:

      HEC-RAS menyediakan tiga buku: Users Manual, Hydraulic Reference Manual, dan Applications Guide. Saya menyusun pula petunjuk pemakaian HEC-RAS dalam Bahasa Indonesia. Silakan baca di sini.

      • wawan sudarmawan says:

        pak . . . kebetulan sya mau susun skribsi ” penempatan krib terhadap perubahan alur sungai “.
        menurut bapak, data-data apa yang harus saya butuhkan ?
        mohon bantuanya pak . . .

        • istiarto says:

          Beberapa data yang dibutuhkan: geometri sungai (peta situasi sungai, tampang melintang, tampang memanjang, struktur/bangunan sungai jika ada), debit aliran, karakteristik material dasar sungai.

          Oh ya. Saya berharap Dik Wawan tidak berencana memakai HEC-RAS untuk skripsi itu. HEC-RAS tidak dapat memodelkan perubahan alur sungai karena pengaruh krib.

          • wawan sudarmawan says:

            asslamu’alaikum.wr.wb
            makasih atas bantuannya pak . . .
            pak apa boleh sy minta password untuk download modul lanjut junction,spy sy bs belajar HEC RAS lebih lanjut..
            terima kasih . . . .

          • wawan sudarmawan says:

            terima kasih banyak atas bantuan sarannya pak . .
            pak . . mw bertanya lagi . . apakah program hac-ras dapat menghitung dan membuat alur sungai baru akibat terjadinya tergerus arus sungai, kita ubah menjadi lurus ( biasa disebut plot alur sungai ) ?
            makasih pak . . .

          • istiarto says:

            HEC-RAS tidak dapat memodelkan proses perubahan alur sungai akibat gerusan lateral (gerusan tebing). Jika ingin memodelkan aliran di alur sungai baru yang lurus, maka alur baru ini harus dimodelkan dengan membuat data geometri baru.

  3. wawan sudarmawan says:

    makasih pak atas saran-saranya serta masukan ilmunya buat diri saya . . .

  4. wawan sudarmawan says:

    Assalamualaikum . . . pak . . . data – data apa saja kita butuhkan dalam PENELITIAN NERACA AIR ?
    mohon saranya pak . . .

    • istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb.

      Neraca air pada prinsipnya adalah metode atau tool untuk menghitung atau menunjukkan hubungan antara kuantitas air yang masuk (input), air yang keluar (output), dan perubahan kuantitas air yang ada di tampungan (change of storage). Neraca air ini, biasanya, diterapkan pada kasus sawah, embung, situ, danau, waduk, DAS, atau wilayah sungai. Yang manakah yang menjadi objek kajian Dik Wawan?

      Data yang diperlukan untuk melakukan kajian neraca air adalah data yang berkaitan dengan input, output, storage. Data yang menyangkut input antara lain curah hujan, debit inflow. Data yang menyangkut output antara lain evaporasi, transpirasi, infiltrasi (kecuali pada kasus air tanah, infiltrasi adalah input), release waduk, debit outflow. Data yang menyangkut storage antara lain kurva karakteristik waduk (hubungan antara elevasi muka air dan luas genangan serta antara elevasi muka air dan volume tampungan), topografi. Ini sebagai ancar-ancar saja. Jenis data bergantung pada objek yang Dik Wawan kaji (sawah, waduk, atau yang lain).

      Wassalamu’alaikum wr wb.

  5. wawan sudarmawan says:

    Assalamualaikum . . .
    salam jumpa kembali pak . . .
    pak . . mohon petunjuknya . . buku-buku apa saja yang dipakai sebagai acuan untuk penulisan skribsi saya dalam ” ANALISIS NERACA AIR ” . . ?
    mohon bantuannya pak . . . terima kasih . .

    • istiarto says:

      Wa’alaikumsalam wr wb.
      Buku-buku tentang hidrologi pada umumnya memuat materi tentang neraca air. Juga buku-buku tentang teknik sumberdaya air. Silakan mencoba membuka satu-dua buku hidrologi dulu, kemudian carilah bab tentang neraca air. Dari sana Dik Wawan akan mendapatkan informasi tentang neraca air.
      Wassalamu’aikum wr wb.

  6. wawan sudarmawan says:

    Assalamuaikum . . .
    pak . . apakah HECRAS bisa di gunakan dalam Analisis Neraca Air ?
    wassalam . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.