UAS Hidraulika Terapan 2013

Ketentuan:

  • Dikerjakan di luar ruang ujian sebagai take home examination.
  • Dikumpulkan pada Senin, 20 Januari 2014, pk. 10:00 di MPBA dalam bentuk print-out naskah laporan dan project file lengkap.
  • Data dan parameter yang tidak diberikan pada soal harap ditetapkan sendiri.

imageSebuah saluran drainase berakhir ke sebuah sungai. Titik pertemuan berada 1000 meter dari batas hilir sungai. Saluran drainase dilengkapi dengan pintu klep automatik untuk mencegah backwater dari sungai. Pintu berada pada jarak 400 meter di hulu pertemuan.

Di batas hulu saluran drainase dan sungai adalah debit aliran dengan hidrograf segitiga sama kaki (hasil hitungan metoda rasional). Hidrograf di saluran drainase: lebar 12 jam (jam ke-0 s.d. ke-12) dan debit puncak 180 m3/s. Hidrograf di sungai: lebar 12 jam (jam ke-8 s.d. ke-20) dan debit puncak 700 m3/s. Di batas hilir sungai, muka air dianggap konstan pada elevasi +1 meter.

Data geometri saluran drainase dan sungai disajikan pada tabel di bawah ini.

Parameter

Saluran drainase

Sungai

Panjang ruas yang dimodelkan

4 km

10 km

Tampang lintang:

lebar dasar

kedalaman

talud vertikal:horizontal

trapesium

30 m

4 m

1:1

trapesium

90 m

6 m

1:0.5

Kemiringan memanjang

0.0005

0.0003

Elevasi dasar saluran di tempat pertemuan

2 m

3 m

Lakukan simulasi aliran dan diskusikan hasilnya. Jika aliran meluap (ganti hidrograf aliran apabila aliran tidak meluap), tambahkan pompa air atau tanggul atau struktur hidraulika yang lain sedemikian hingga aliran tidak meluap. Tetapkan sendiri berbagai data atau parameter yang diperlukan. Upayakan agar data dan parameter tersebut selaras dengan yang dijumpai di lapangan. Apabila dipandang perlu, Saudara boleh mengubah geometri saluran dan sungai, maupun hidrograf aliran.

Gunakan imajinasi dan daya kreasi Saudara untuk menyusun skenario simulasi. Paparkan skenario dan hasil simulasi yang Saudara lakukan. Format naskah laporan ditetapkan sendiri.

This entry was posted in Berita-News, Kuliah-Ujian-Tugas-Praktikum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.