Analisis Frekuensi Data Hidrologi (AProb_4.1)

Hujan Ungaran normalSaya tayangkan update program aplikasi untuk melakukan analisis frekuensi data hidrologi AProb. Versi terbaru yang saya tayangkan di sini adalah versi 4.1 dan nama file program aplikasinya adalah AProb_41. Pada versi 4.1 ini, saya mengganti label kala ulang pada absis atas, yang ada pada AProb_4, dengan label probabilitas melampaui atau exceedence probability, 1-prob. Exceedence probability adalah nilai kebalikan (resiprokal) kala ulang, 1-prob = 1/T. Penggantian ini saya lakukan untuk menghindari salah baca nilai kala ulang. Risiko salah baca ini cukup tinggi pada versi 4, AProb_4. Kesalahan dapat terjadi karena salah baca grid pada grafik. Grid pada grafik adalah grid probabilitas, bukan grid kala ulang. Beberapa pengguna program AProb_4 telah salah membaca nilai kala ulang karena mengira bahwa grid pada grafik adalah grid kala ulang. Padahal, grid tersebut adalah grid probabilitas, yang tidak sama dengan grid kala ulang. Pada program versi baru, AProb_4.1, label absis bawah dan atas adalah probabilitas. Pengguna atau pembaca grafik hasil plot data yang ingin membaca kala ulang harus membaca nilai resiprokal 1-prob yang ada pada absis atas, T = 1/(1-prob).

Seperti program aplikasi pendahulunya, uji kecocokan distribusi data terhadap distribusi teoretis dilakukan dengan metode pengujian Chi-Kuadrat dan Smirnov-Kolmogorov (α=10%). Prosedur pengujian maupun hitungan estimasi nilai data pada berbagai kala ulang mengacu kepada paparan pada buku Applied Hydrology (Chow et al., 1988) dan Statistical Methods in Hydrology (Haan, 1982).

File program aplikasi dapat diunduh dengan mengklik tautan di bawah ini:

AProb_41_pkg.exe (396 KB)
AProb_41E_pkg.exe, label dalam Bahasa Inggris

File di atas adalah sebuah package file, yang apabila diaktifkan (diklik) akan berurai menjadi beberapa file, yaitu:

  • AProb_41.exe –program aplikasi
  • AProb_41_petunjuk.txt –petunjuk pemakaian program aplikasi AProb_41.exe
  • Debit Tirtaraya.txt –contoh file data dalam format text ASCII
  • Hujan Ganggomudik.xlxs –contoh file data dalam format MSExcel
  • readme.txt –petunjuk instalasi MCRInstaller dalam B. Inggris

Untuk menjalankan AProb_4.1.exe, komputer harus memiliki MCR yang aktif. Untuk menginstall MCR, unduh file MCRInstaller versi 2012b (8.0) dari situs MathWorks. Pilih versi 32-bit atau 64-bit sesuai dengan versi Windows yang ada di komputer. Klik MCRIntaller untuk mengintall MCR pada komputer. Instalasi MCR tidak diperlukan apabila komputer telah memiliki Matlab versi 12. Instalasi MCR tetap diperlukan apabila Matlab di komputer bukan versi 12.

Di bawah ini saya tampilkan 4 grafik contoh yang diperoleh dengan program aplikasi analisis frekuensi AProb_41.exe.

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Gumbel

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Gumbel

 

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Log Normal

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Log Normal

 

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Log Pearson Tipe III

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Log Pearson Tipe III

 

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Normal

Contoh tayangan grafis AProb_41, Distribusi Normal

 

 

This entry was posted in Hidrologi and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Analisis Frekuensi Data Hidrologi (AProb_4.1)

  1. Dimas Prayuda says:

    Permisi,
    Selamat siang, Pak,

    Saya Dimas Prayuda, mahasiswa Universitas Lampung, saat ini sedang mengerjakan base project mata kuliah drainase dalam rangka uji Smirnov-Kolmogorof secara Grafis.

    Izin bertanya, Pak terkait file program aplikasi yang bapak buat diatas tidak bisa didownload Pak, terjadi error 404 not found. Dapatkah bapak memberikan link baru untuk download aplikasi tersebut?

    Besar harapan saya, ketersedian bapak membantu. Terima Kasih, Pak
    Hormat Saya

    Dimas Prayuda

  2. Martha Dika says:

    Assalamualaikum wr wb, pak,
    Saya Martha Dika mahasiswa UII yang sedang melakukan penelitian tentang sistem polder dan pola operasi pompa, dalam analisis saya terdapat perhitungan smirnov-kolmogorov. Mau bertanya refrensi apa yang bapak gunakan dalam program A_prob yang bapak buat? Karena ketika saya menghitung secara teoritis hasil saya tidak memenuhi sedangkan di program bapak dengan data yang sama itu memenuhi, semoga bapak berkenan menjawab dan memberikan refrensi materi terkait, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    Wassalamualaikum wr wb.

  3. Istiarto says:

    Waalaikumsalam wr. wb.
    Mbak Martha Dika, salam kenal kembali.
    Saya memakai acuan Applied Hydrology (Chow, et al, 1988) dan Statistical Methods in Hydrology (Haan, C.T., 1982). Saya kurang paham dengan “menghitung secara teoretis” yang Mbak Martha Dika maksudkan. Tentang hasil uji kesesuaian dengan distribusi teoretis (uji chi-kuadrat, uji Smirnov-Kolmogorov) yang berbeda, kemungkinan disebabkan oleh perbedaan jumlah kelas atau perbedaan tingkat kepercayaan yang dipakai. Kalau tidak salah ingat, di program saya ada pilihan (isian) jumlah kelas dan tingkat kepercayaan dalam uji kesesuaian.
    Wassalamualaikum wr. wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.