Naskah Tugas Akhir dan Proposal Tugas Akhir

Garis Besar Isi Naskah TA

Naskah TA, bagi mahasiswa yang mengerjakan TA di bawah bimbingan saya, hendaknya dibuat dalam format tulisan seperti di bawah ini.

Pendahuluan. Latar belakang TA, deskripsi lokasi penelitian (jika TA berupa penelitian), deskripsi lokasi projek (jika TA berkaitan dengan projek infrastruktur sipil), permasalahan atau deskripsi materi TA, penelitian/laporan/desain/TA terdahulu yang berkaitan dengan materi TA, tujuan, lingkup materi. Pendahuluan dapat dituliskan dalam beberapa sub-bab. Misalnya, sub-bab latar belakang, permasalahan atau materi tugas akhir, tujuan, tugas akhir atau penelitian terdahulu (tinjauan pustaka: laporan, TA, tesis, disertasi, pustaka acuan standar, artikel seminar, artikel jurnal)

Pengolahan Data dan Analisis. Deskripsi data, metode pengolahan data (sertai dengan teori, mengacu kepada referensi), hasil olahan data, hitungan atau analisis atau desain. Bagian ini dapat dipecah menjadi dua bab atau lebih menurut materi bahasan. Misalnya, satu bab mengenai pengolahan data hujan, satu bab mengenai perhitungan debit banjir, dan satu bab mengenai simulasi aliran banjir. Judul bab hendaknya mencerminkan materi yang dipaparkan. Contoh judul bab: Pengolahan Data Hujan Ekstrem dan Perhitungan Debit Banjir, Simulasi Aliran Banjir, Operasi Waduk Saat Banjir, Penelusuran Banjir Melalui Waduk.

Interpretasi dan Bahasan. Paparan mengenai interpretasi hasil pengolahan data pada bab atau bab-bab sebelumnya. Interpretasi hasil mengandung diskusi atau bahasan setiap hasil olahan data. Cara lain dalam menuangkan interpretasi dan bahasan hasil pengelohan data adalah dengan menggabungkannya dengan bab sebelumnya yang membahas hitungan, analisis, desain, simulasi. Cara  ini dapat dilakukan apabila topik TA terdiri dari beberapa (lebih dari satu) sub-topik yang dituangkan dalam beberapa bab pengolahan data dan analisis hasil pengolahan data. Misalnya, bab berjudul Pengolahan Data Hujan berisi narasi tentang data, metode pengolahan, hasil pengolahan, dan sekaligus interpretasi hasil olahan yang disertai bahasan dan simpulan.

Kesimpulan. Simpulan dari materi yang dipaparkan dan dibahas dalam bab atau bab-bab sebelumnya. Jangan menyimpulkan materi yang tidak dipaparkan dan dibahas dalam bab atau bab-bab sebelumnya. Saran atau rekomendasi, jika ada. Saran harus gayut dengan simpulan, bukan saran yang muncul tiba-tiba dan tidak berkaitan dengan simpulan dan bahasan dalam TA.

Naskah Proposal TA

Naskah proposal merupakan naskah usulan atau rancangan materi TA. Proposal dituliskan dengan ringkas dalam 3 s.d. 5 halaman. Paragraf-paragraf di bawah ini memaparkan garis besar isi proposal.

Usulan judul TA. Judul TA harus mampu menunjukkan materi TA.

Pendahuluan. Paparan serba ringkas mengenai materi TA yang akan dikerjakan, deskripsi projek apabila TA berkaitan dengan suatu projek pembangunan infrastruktur sipil, deskripsi lokasi dan objek apabila TA berkaitan dengan infrastruktur sipil yang sudah ada atau sudah beroperasi.

Tujuan dan Lingkup TA. Paparan tentang tujuan pelaksanaan TA dan lingkup kerja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

Metode Pelaksanaan. Paparan mengenai metode yang akan dipakai untuk melaksanakan TA sesuai dengan lingkup kerja TA dan dalam rangka mencapai hasil sesuai tujuan TA. Beri paparan sumberdaya yang diperlukan (data, alat, perangkat lukan, dana, personel, waktu) untuk melaksanakan TA.

This entry was posted in Kuliah-Ujian-Tugas-Praktikum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *