HEC-RAS: Simulasi 1D-2D

Melanjutkan tulisan saya mengenai fitur 2D dalam HEC-RAS, saya tunjukkan satu contoh pemakaiannya. Ketika di sebagian alur sungai yang kita modelkan terjadi limpasan keluar alur sungai, maka ada dua cara untuk memodelkannya. Simulasi A memakai fitur 1D: limpasan dimodelkan dengan lateral structure dan kawasan genangan dimodelkan sebagai storage area. Simulasi B memakai fitur 2D: limpasan dan genangan dimodelkan dengan fitur 2D, alur yang lain tetap dimodelkan dengan fitur 1D.

Perbedaan hasil dari kedua simulasi ini adalah bahwa Simulasi A memberikan hidrograf muka air dan debit aliran di storage area, tetapi tidak dapat memberikan kecepatan aliran di storage area. Simulasi B memberikan hasil berupa profil aliran (elevasi muka air dan kecepatan aliran) di setiap titik hitung di kawasan genangan. Simulasi B memberikan pergerakan aliran di kawasan genangan.

This entry was posted in HEC-RAS and tagged . Bookmark the permalink.

6 Responses to HEC-RAS: Simulasi 1D-2D

  1. lindan says:

    bagaimana cara memasukan peta dari google earth ke HEC-RAS? saluran yang akan saya buat berbelok-belok sehingga di bagian geometry data saya agak kewalahan tanpa adanya baantuan dari peta.

    • Istiarto Istiarto says:

      Apabila memakai HEC-RAS versi 4.1, maka peta dari Google Earth disimpan sebagai image berformat jpg. Dari Google Earth, klik menu File | Save | Save Image. File ini kemudian dipakai sebagai gambar latar ketika mengedit data geometri sungai di HEC-RAS 4.1. Pada layar editor data geometri, klik papan tombol (toolbar) paling kanan yang berwarna hijau Background Picture on Schematic | Add, dan pilih file image dari Google Earth. Gunakan gambar dari Google Earth ini untuk membantu membuat river reach di HEC-RAS.
      Apabila memakai HEC-RAS vrsi 5.0.7, maka peta dari Google Earth perlu diubah atau disimpan sebagai shape file dalam format shp. Gunakan program aplikasi GIS, misal QGIS. Shape file ini dapat dibaca oleh HEC-RAS versi 5.0.7. HEC-RAS versi 5 memiliki menu GIS Tools.

  2. Okma Yendri says:

    Asslamulaikum W..W..
    Pak.Istiarto, saya memakai HEC-RAS versi.5.0.7. sebaik nya mengukanan QGIS Versi berapa ?
    Adakah Bapak Tutorial QGIS?
    Buku yang dipakai untuk belajar QGIS, buku apa dan adakah ebook nya
    Tks
    Wasalamualikum W…W…

    • Istiarto Istiarto says:

      Waalaikumsalam w.w.
      Pertama, saya minta maaf karena saya sendiri belum memakai HEC-RAS 5.0.7. Saya masih memakai versi 4.1. Saya menunggu versi 5.1 untuk beralih dari versi 4.1.
      Menurut perkiraan saya, QGIS versi manapun dapat dipakai. Saya kurang tahu buku untuk belajar QGIS. Saya dulu belajar dari tutorial yang ada di QGIS. Ketika kita menginstall QGIS, ada file tutorial bersamanya.
      Wassalamualaikum w.w.

  3. wahyudi wibowo says:

    Assallamu’alaikum warrohmatullohi wabarokatuh,

    Bapak Istiarto, mau tanya ini, untuk save pada geometri data di oerimetric untuk save 2D flow areas, itu butuh waktu brp menit,

    Wahyudi W

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.