Program Aplikasi Pasang Surut

Saya tayangkan sebuah program aplikasi untuk membantu pengolahan data hasil pengukuran pasang surut (pasut) yang saya beri nama PasutUGM. Program ini mengolah data pasut selang satu jam selama waktu tertentu (pada umumnya 15 atau 30 hari).

Program aplikasi PasutUGM dapat diunduh dengan mengklik tautan di bawah ini:

PasutUGM_pkg (940 kB)

File di atas adalah sebuah package file, yang apabila diaktifkan (diklik) akan berurai menjadi beberapa file, antara lain file aplikasi, petunjuk pemakaian, contoh data masukan, serta contoh hasil (keluaran) program.

Pengguna dapat menjalankan program aplikasi PasutUGM pada komputer yang memiliki MatLab. Apabila aplikasi MatLab tidak ada dalam komputer, maka pengguna perlu mengunduh file MCR dari situs pengembang MatLab. Silakan membaca file petunjuk pemakaian PasutUGM atau file readme yang ada dalam paket program PasutUGM_pkg.

PasutUGM pada dasarnya menghitung konstanta pasut berdasarkan data pengamatan pasut selang satu jam. Berdasarkan konstanta pasut ini, program melakukan prediksi pasut selang satu 1 jam selama 19 tahun. Berdasarkan prediksi pasut 19 tahun ini, program memilah beberapa elevasi muka air penting seperti HHWL, MHWS, dsb.

Di bawah ini adalah file yang berisi catatan saya tentang pasang surut. Catatan ini belum selesai saya susun walau catatan ini telah saya mulai susun lamaaaa sekali. Saya berharap pembaca dapat membantu saya untuk mengoreksi catatan ini apabila ada yang tidak benar.

Analisis harmonik pasang surut (776 kB)

Di bawah ini adalah contoh grafik pasang surut hasil prediksi yang dibandingkan dengan hasil pengukuran.

Pasang surut di Pantai Rembang pada periode 29 Juni s.d. 3 Agustus 2007. Hasil hitungan program PasutUGM dan data hasil pengukuran.

Pasang surut di Pantai Rembang pada periode 29 Juni s.d. 3 Agustus 2007. Hasil hitungan program PasutUGM dan data hasil pengukuran.

This entry was posted in Computational Fluid Dynamics, Hidraulika and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Program Aplikasi Pasang Surut

  1. Rifky says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
    perkenalkan saya rifky , saya mau bertanya untuk hasil urutan hasil konstanta apa seperti ini? s0,m2,s2,n2,k2,k1,o1,p1,m4,ms4. Apakah hasil perhitungan muka air penting seperti MHWL dari hasil konstanta dan hasil prediksi memang berbeda? Dan pada hasil dari aplikasi tersebut menggunakan datum apa?
    Mohon bimbingannya pak. Terima Kasih
    wassalam

    • Istiarto Istiarto says:

      Waalaikumsalam w.w.
      Ya, untuk program yang saya tulis, urutan konstanta pasut memang seperti itu. Perbedaan hitungan muka air penting bisa terjadi antara hasil penjumlahan konstanta dan hasil prediksi (dalam program saya, prediksi 19 tahun).
      Hasil hitungan merujuk kepada data; datum sama dengan datum data. S0 adalah rata-rata aritmatik data. Kadang, angka hasil hitungan bisa direferensikan kepada S0.
      Wassalamualaikum w.w.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.